Tidak Hanya Untuk Perawatan Kulit Saja, Berikut 5 Manfaat Luar Biasa Dari Bengkoang Untuk Kesehatan

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengatur asupan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi. Nutrisi yang seimbang sangat penting bagi tubuh. Tidak hanya membutuhkan protein, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lain seperti serat dari buah-buahan.

Buah memang merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah Bengkoang. Buah jenis ini telah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat bagi kecantikan kulit.
Buah berbentuk umbi ini biasanya dinikmati sebagai salad, acar dan manisan. Selain baik untuk kecantikan kulit, Bengkoang juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, lho!

5 Manfaat Luar Biasa Dari Bengkoang Untuk Kesehatan
5 Manfaat Luar Biasa Dari Bengkoang Untuk Kesehatan

Berikut 5 manfaat bengkoang untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi masalah pencernaan.

Salah satu bahan dalam bengkoang adalah serat makanan. Konten ini sebenarnya baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Dengan serat dalam bengkoang, tentu saja bengkoang akan memiliki efek yang baik untuk mengatasi sembelit, perut kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam julmah 100 gram limbah bengkoang, 40% dari dosis harian vitamin C terkandung dalam tubuh. Seperti diketahui, asupan vitamin C dalam tubuh memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam Bengkoang mengandung antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas polusi.

3. Baik untuk kesehatan tulang.

Bengkoang juga kaya akan mineral penting bagi tubuh. Mineral-mineral ini termasuk magnesium, tembaga dan besi. Mineral tidak hanya berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh, tetapi juga berguna untuk penyembuhan dan memicu pertumbuhan tulang yang baru rusak.

4. Baik untuk kesehatan otak.

Vitamin B6 atau piridoksin yang ditemukan di Bengkoang memiliki sifat untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga memainkan peran yang baik dalam mengubah asam protein menjadi asam amino yang digunakan tubuh untuk membantu meningkatkan proses metabolisme dan kerja organ.

5. Baik untuk diet diabetes.

Tidak hanya kandungan seratnya yang tinggi, bengkoang juga mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk diet bagi penderita diabetes. Kadar inulin oligofruktosa di Bengkoang adalah jenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Jadi, tidak perlu khawatir tentang kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat ketika mengkonsumsi bengkoang dalam jumlah besar.

Leave a Reply