Generasi Anyar OLED Dapat Membuat Ponsel Menghemat Baterai Lebih Banyak

Ponsel dengan layar besar seperti OnePlus 7 Pro (6,67 inci) dan Samsung Galaxy A70 (6,7 inci) bukan lagi hal yang aneh sekarang, dengan kebiasaan pengguna ponsel dalam menonton konten video yang lebih baik di layar yang luas. . Namun, layar yang lebih besar mengkonsumsi lebih banyak daya, dan dapat menguras baterai.

Inilah yang membuat kandidat OLED generasi terbaru dibuat oleh tim dari Departemen Fisika dan Kimia di Imperial College London, Inggris, sehingga memainkan peran penting. Tidak hanya diklaim mampu meningkatkan kecerahan, teknologi yang mereka kembangkan juga disebut lebih hemat energi.

Generasi Anyar OLED Dapat Membuat Ponsel Menghemat Baterai Lebih Banyak
Generasi Anyar OLED Dapat Membuat Ponsel Menghemat Baterai 

Pada dasarnya, layar cenderung memiliki lapisan untuk mengurangi efek pajanan terhadap sumber cahaya seperti Matahari. Ini membuat pengguna lebih mudah untuk melihat tampilan layar, tetapi perangkat itu sendiri juga memancarkan banyak cahaya. Nah, ada sejumlah lampu yang tidak mencapai mata kita, dan itu adalah pemborosan energi.

Untuk mengatasi ini, tim dari Queen Elizabeth State mengembangkan OLED yang mampu melepaskan cahaya terpolarisasi. Cahaya ini dapat dikumpulkan melalui filter terpolarisasi sementara cahaya dari luar juga disaring oleh filter, memaksimalkan sumber cahaya yang ada.

Sayangnya, teknologi ini masih dalam tahap penelitian. Jadi, tidak aman untuk mengatakan apakah OLED generasi terbaru akan hadir di ponsel kita dalam waktu dekat.

Meski begitu, jika nantinya teknologi ini berhasil dikembangkan, aplikasinya tidak hanya berlaku untuk smartphone. Sejumlah perangkat seperti televisi dan jam tangan pintar juga disebut bisa mengadopsinya.

Belakangan, ia mengaku mampu menghasilkan layar yang lebih terang tetapi tetap lebih dari dua kali lebih efisien karena ia tidak membutuhkan energi besar dalam menghasilkan layar yang cerah karena cahaya yang dipancarkan tidak terbuang sia-sia. Untuk smartphone ini berarti daya tahan baterainya akan meningkat.

Leave a Reply