Inovasi Teknologi Terbarukan di Ponsel Cerdas

Hari demi hari, inovasi teknologi selalu berkembang sangat pesat. Bahkan setiap tahun, ada teknologi terbarukan yang menjadi tren di berbagai sektor. Akibatnya, batasan-batasan tertentu mulai menghilang dan kehidupan manusia menjadi lebih mudah.
Di antara banyak inovasi teknologi yang telah dikembangkan, smartphone adalah satu platform dengan perkembangan signifikan. Awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi, maka itu menjadi perangkat yang bisa melakukan segalanya.

Bagi Anda pecinta teknologi, artikel ini akan membahas setidaknya lima inovasi teknologi “luar biasa” pada perangkat smartphone. Apa yang membuat Anda penasaran? Lihatlah ulasan di bawah ini.

Inovasi Teknologi Terbarukan di Ponsel Cerdas
Inovasi Teknologi Terbarukan di Ponsel Cerdas

1. Sensor Pemindai Objek

Pernahkah Anda melihat sensor yang dimiliki iPhone X yang dapat memindai panjang dan lebar ruangan? Jadi, smartphone Changhong H2 jauh lebih menakjubkan. Teknologi tertanam memungkinkan Anda memindai objek dengan bantuan sensor dekat spektrometer inframerah untuk mengenali objek. Mulai dari tekstur, bentuk dan ukuran. Di masa depan, sensor ini akan membantu aktivitas kehidupan orang buta.

2. Layar Ganda Lipat

Adalah ZTE Axon M, smartphone pertama yang mengusung teknologi layar ganda yang dapat dilipat. Anda dapat menyinkronkan dua layar sekaligus dan melipatnya ke belakang jika Anda ingin menggunakan hanya satu layar di mana ukurannya lebih nyaman untuk dipegang. Memang, teknologinya telah ada cukup lama di dunia PC. Namun berkat kerja keras ZTE, mereka dapat menerapkan layar ganda yang dapat dilipat untuk ponsel cerdas dengan layar yang lebih kecil.

3. Smartphone Modular

Pada awalnya, konsep modular smartphone dimiliki oleh Google melalui Proyek Ara. Yakni, pengguna dapat mengganti suku cadang pada smartphone seperti kamera, prosesor dan banyak lagi. Motorola Moto Z2 Play menyempurnakan teknologi ini sehingga pengguna juga dapat memodifikasi aksesori ponsel cerdas sedemikian rupa. Misalnya untuk kebutuhan gaming, Anda hanya perlu menggunakan joystick Moto Z2 khusus. Terkesan biasa memang, tapi bukan tidak mungkin di masa depan smartphone bisa dirakit layaknya komputer sesuai keinginan Anda.

4. Sensor Pemindai Gerakan Mata

Sekali lagi, ZTE membuktikan kepada dunia terobosan teknologi canggihnya. ZTE Hawkeye adalah smartphone pertama yang menyematkan fitur indera mata. Sederhananya, Anda tidak akan kesulitan mengendalikan perangkat melalui gerakan mata dibantu oleh sensor pemindai khusus di dalamnya.

5. Layar Depan Belakang

Inovasi teknologi terbaru adalah fitur layar dua sisi. Yotaphone 2 menggunakan konsep layar depan belakang yang mungkin kurang bermanfaat bagi sebagian orang. Namun demikian, di masa depan fitur ini dapat bermanfaat secara signifikan dalam kehidupan manusia. Misalnya, Anda ingin memindai QR Code tanpa perlu mencetaknya saat melihat notifikasi yang masuk.

Leave a Reply