Samsung Siap Mendukung Smartphone Apple dan Teknologi Layar Google Lipat

Secara mengejutkan pada 21 Februari 2019, dalam acara khusus yang diadakan di San Francisco, AS, Samsung memperkenalkan smartphone layar lipat pertama mereka yang disebut Galaxy Fold.

Galaxy Fold adalah salah satu produk terbaik Samsung. Namun, Samsung dikabarkan akan berbagi teknologi panel layar lipat dengan dua raksasa teknologi, Apple dan Google.

Menurut laporan media Korea Selatan, Samsung telah menyediakan panel layar smartphone yang dapat dilipat untuk Apple dan Google berukuran 7,2 inci saat direntangkan. Layar ini sedikit lebih kecil dari layar yang digunakan oleh Galaxy Fold yang memiliki ukuran 7,3 inci.

Samsung Siap Mendukung Smartphone Apple dan Teknologi Layar Google Lipat
Samsung Siap Mendukung Smartphone Apple dan Teknologi Layar Google Lipat

Samsung juga tampaknya menyediakan satu set panel layar dengan perangkat lunak layar, konektor, baterai, dan lainnya. Apple dan Google hanya perlu desain smartphone layar lipat mereka.

Apa yang membuat Samsung mau berbagi teknologi layar lipatnya? Ternyata Samsung bersedia mengorbankan beberapa eksklusivitas untuk menumbuhkan ekosistem smartphone layar lipat secepat mungkin.

Ini sebelumnya dilakukan oleh Samsung pada tahun 2018, ketika memberikan sampel layar lipat yang diproduksi oleh Teknologi BOE kepada pembuat ponsel Cina seperti Xiaomi dan Oppo, bahkan Huawei yang telah memperkenalkan smartphone layar lipat pertama, Mate X.

Jika Apple dan Google menyukai dan menggunakan teknologi dari Samsung dengan benar. Perusahaan akan mendapat manfaat dari permintaan pasokan untuk panel OLED yang dapat dilipat, dan membuat ekosistem lebih sehat atau bahkan harga smartphone lebih rendah. Tentu saja ini lebih banyak pendapatan untuk Samsung, yang mungkin ditunjuk oleh merek smartphone untuk menjadi assembler perangkat.

Samsung Galaxy Fold akan dipasarkan pada 26 April di AS dan 3 Mei di Eropa. Harga Galaxy Fold mulai dari 1.980 dolar AS.

Sementara itu, Huawei Mate X dibanderol lebih mahal, yaitu setara dengan 2.299 euro atau sekitar Rp. 36,6 juta. Rencananya Huawei akan memasarkan Mate X pada pertengahan 2019.

Leave a Reply